SINERGI ANTARA PEMERINTAH DESA BERSAMA PERGURUAN TINGGI DALAM MEWUJUDKAN WEBSITE DESA SEBAGAI GAMBARAN UMUM DESA DI MEDIA SOSIAL

 

WonogirI (8/10/2019),  Perangkat Desa Gedong beserta PJ Kepala Desa dan Calon Kepala Desa terpilih turut menghadiri pelatihan komputer dalam rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia(SDM)  di lingkungan Kecamatan Ngadirojo bekerja sama dengan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Acara yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Ngadirojo ini dihadiri oleh Perangkat desa dan Kepala desa sekecamatan Ngadirojo serta perwakilan dari beberapa dinas terkait.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan  dipandu oleh nara sumber Kurniawan Teguh Martono S.T, M.T guru besar Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang yang merupakan salah satu putra bangsa kelahiran Wonogiri. Beliau juga ditemani salah satu mahasiswanya yang bernama Ata yang berasal dari Kalimantan dan pernah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kelurahan Kasihan Kecamatan Ngadirojo. Dalam melaksanakan KKNnya di Kelurahan Kasihan Ata mengaktifkan situs web pemerintah kelurahan Kasihan dan diharapkan pada pertemuan ini desa-desa atau kelurahan yang lain ikut mengaktifkan kembali website desa masing-masing.

Narasumber Kurniawan Teguh Martono S.T, M.T dalam kesempatan kali ini memaparkan tentang bagaimana cara masuk ke dalam situs tersebut dan bagaimana cara mengelolanya. Beliau juga memaparkan tatacara menulis berita dengan baik yang tentunya menggunakan rumus 5W+1H. Peserta juga diberikan kesempatan untuk berlatih menuliskan berita yang ada di wilayah desanya masing-masing.

Desa  memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong masyarakatnya untuk terus berinovasi baik dari sisi ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan, hingga teknologi yang digunakan untuk mempermudah kehidupan masyarakat desa. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan tiap- tiap desa khususnya di Desa Gedong website desa dapat menjadi media pelayanan publik dan informasi resmi desa yang bisa dibangun dan dikelola oleh tim desa, sehingga dengan memanfaatkan website tersebut penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan